Viewtrader - Grow your social channel

Sabtu, 09 Mei 2020

Aplikasi Sosial Media Jadul Populer Pada Zamannya

Halo sonizen, kalau kamu anak generasi 90-an atau sebelumnya, kamu pasti pernah mencoba gaul lewat beberapa aplikasi sosial media jadul berikut ini, kan? Jauh sebelum Facebook, Twitter, Instagram berkembang, kamu pasti punya media sosial zaman dulu yang jadi andalan. Sayangnya, sebagian besar sudah ditinggalkan dan beberapa di antaranya bahkan sudah tak lagi beroperasi. Nah, dalam rangka mengingat masa-masa keemasan yang silam, kita bernostalgia yuk mengingat beberapa aplikasi sosial media jadul.

Beberapa sosial media jadul tersebut, diantaranya mIRC, YahooMessenger (YM), Friendster (FS), Yuwie, dan tentunya masih banyak aplikasi sosial media lainnya. Untuk sementara mari kita kupas satu satu agar kita bisa bernostalgia dengan sosial media jadul tersebut diatas.

1. mIRC (1995)
Perangkat lunak paling populer untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring (online) yang beroperasi di sistim operasi windows. mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey, berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC di seluruh dunia. Perangkat lunak ini memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting (wikipedia). Huruf 'm' dalam singkatan mIRC belum diketahui pasti, tetapi dalam FAQ (pertanyaan yang sering ditanyakan) dalam forum mIRC, pihak mIRC mengatakan 'm' adalah singkatan dari "Moo".
Kalau kamu sempat menjadi anak warnet, pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi sosial media yang satu ini. Kita tumbuh dengan pengalaman bercakap di dunia maya lewat mIRC. Kita pun bisa memasuki banyak sekali room untuk bercakap-cakap dengan siapapun dari belahan dunia manapun. Jangan lupa awali dengan…..ASL please? (yang artinya age, sex, lokasi), kode untuk menanyakan teman kenalan umur berapa? jenis kelamin apa dan asal kota mana.
Pada era sekarang (2020) tergantikan dengan aplikasi semacam WhatsApp, LINE, Telegram, dll.



2. Yahoo! Messenger (1998)
Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Awal rilis bernama Yahoo! Pager (9 Maret 1998). Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail.
Sebelum Google merajai pasar, Yahoo adalah penguasa layanan email gratis dan layanan berbagai aplikasi internet lainnya. Terbukti melalui adanya Yahoo! mail dan juga Yahoo! Messenger. Setiap pengguna Yahoo mail akan otomatis terhubung juga ke Yahoo! Messenger dan itulah salah satu alasan kenapa YM sangat populer. Yahoo! Messenger adalah pelopor aplikasi sosial media modern karena dapat terkoneksi lintas perangkat antara ponsel dan PC. Sayangnya, aplikasi sosial media kesayangan kita semua ini sudah tutup usia tepat pada 17 Juli 2018 lalu.




3. Friendster/FS (2002)
Friendster adalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain View, California. Friendster sebelumnya dikenal sebagai situs jejaring sosial sebelum dirancang ulang, layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring (online) dengan anggota tersebut. (wikipedia).
Hayo coba ngaku, kamu juga pasti pernah punya akun Friendster, kan? Gimana enggak, Friendster memang jadi salah satu aplikasi sosial media paling populer pada zamannya jauh sebelum Facebook mengudara. Main Friendster emang seru banget sih, apalagi kita sebagai pengguna bisa mengganti background sesuka hati, keren! Semua akan berlomba menghias tampilan profilnya sekeren mungkin, ditambah widget seperti music player dan juga glitter.
Anak gaul pada masanya deh!.
Pada era sekarang (2020) tergantikan dengan aplikasi semacam Facebook, Instagram, dll.

4. Yuwie (2006)
Yuwie adalah sebuah program social networking, yang akan membayar kita saat kita disaat kita beraktifitas dengannya seperti membuat blog, meng-upload foto, meng-invite teman, chat, dll. Inilah Yuwie salah satu terobosan baru dalam industri bisnis internet. Inilah salah satu iklan Yuwie yang sering kita ajukan ke temen/orang lain agar bergabung ke Yuwie, “Hanya Dengan Berkenalan, Mengajak Temen Lama, Nongkrong Bareng, maka Kita Dibayar Dengan DOLLAR Oleh Yuwie… Daftar GRATIS!”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar