Viewtrader - Grow your social channel

Rabu, 10 Februari 2021

Kisah Inspirasi Hidup: Kejujuran Pelari Jarak Jauh

NILAI-NILAI KEHIDUPAN diturunkan dari generasi ke generasi.

Buat anda, nilai-nilai apa yang anda ajarkan kepada anak-anak anda?

Pelari jarak jauh yang mewakili Negara Kenya, Mutai, hanya berjarak beberapa meter dari garis finish, tetapi karena bingung dengan tanda tanda garis finish, ia berhenti. Ia berpikir bahwa ia telah menyelesaikan perlombaan itu. Atlet Spanyol, Iván Fernandez, berada tepat di belakangnya dan menyadari apa yang terjadi, dia mulai berteriak kepada pelari Kenya itu untuk terus berlari, tetapi Mutai tidak bisa berbahasa Spanyol dan tidak mengerti. Jadi orang Spanyol itu mendorongnya menuju garis kemenangan.

Seorang jurnalis bertanya kepada Iván:
"Mengapa anda melakukan itu?"

Ivan menjawab: "Impian saya adalah suatu hari nanti kita hidup bersama dan memiliki moral yang baik didalam masyarakat"

Wartawan itu bersikeras: "Tapi mengapa anda membiarkan orang Kenya itu menang?"
Ivan menjawab: "Saya tidak membiarkan dia menang, memang dia akan menang"

Wartawan itu bersikeras lagi: "Tapi anda bisa menang jika tidak membantunya"

Ivan memandangnya dan menjawab: "Tapi apa manfaat dari kemenangan saya? Apa kehormatan dari medali itu? Apa yang akan ibu saya pikirkan dan katakan tentang itu kepada saya?"

Berikut kisahnya...................

Dua pekan lalu, pada 2 Desember, atlet Spanyol Iván Fernández Anaya berlaga dalam perlombaan lintas alam di Burlada, Navarre. Dia berada di urutan kedua, agak jauh di belakang pemimpin balapan Abel Mutai - peraih medali perunggu pada lomba lari cepat 3.000 meter di Olimpiade London. Saat mereka memasuki garis finis lurus, dia melihat pelari Kenya - pemenang lomba tertentu - secara keliru berhenti sekitar 10 meter sebelum finis, mengira dia telah melewati garis. 

Fernández Anaya dengan cepat menyusulnya, tetapi alih-alih memanfaatkan kesalahan Mutai untuk melewatinya dan mengklaim kemenangan yang tidak terduga, ia tetap di belakang dan, menggunakan gerakan, membimbing pemain Kenya itu ke garis dan membiarkannya menyeberang terlebih dahulu.

Dia adalah pemenang yang berhak. Dia menciptakan celah yang tidak bisa saya tutup "

"Saya tidak pantas memenangkannya," kata Fernández Anaya yang berusia 24 tahun. "Saya melakukan apa yang harus saya lakukan. Dia adalah pemenang yang sah. Dia menciptakan celah yang tidak bisa saya tutup jika dia tidak melakukan kesalahan. Begitu saya melihat dia berhenti, saya tahu saya tidak melakukannya. akan melewatinya. "

Fernández Anaya dilatih di Vitoria oleh mantan pelari jarak jauh Spanyol Martín Fiz di tempat yang sama, Taman Prado, di mana ia mencatat waktu latihan berkilo-kilometer untuk menjadi juara maraton Eropa pada tahun 1994 dan juara maraton dunia pada tahun 1995.

"Itu sikap jujur ​​yang sangat bagus," kata Fiz. "Isyarat yang tidak dibuat lagi. Atau lebih tepatnya, yang tidak pernah dibuat. Isyarat yang tidak akan saya lakukan sendiri. Saya pasti akan memanfaatkannya untuk menang."

Saya tidak akan melakukannya. Saya akan memanfaatkan kesalahan ini untuk menang "

Fiz mengatakan tindakan muridnya membuatnya dihargai dalam hal manusia jika bukan atletik. "Sikap itu telah membuatnya menjadi orang yang lebih baik tetapi bukan atlet yang lebih baik. Dia telah menyia-nyiakan kesempatan. Menang selalu membuat Anda lebih seperti atlet. Anda harus keluar untuk menang."

Fiz ingat bahwa pada Kejuaraan Dunia 1997 di Athena, dia diikuti oleh rekan senegaranya Abel Antón sepanjang jalan. Pada meter terakhir Antón menyerang dan dengan mudah memenangkan perlombaan, setelah memanfaatkan semua kerja keras Fiz. "Saya tahu itu akan terjadi. [...] Tapi persaingan seperti itu. Tidak logis jika Antón membiarkan saya menang."

Fernández Anaya berlatih di Prado setiap hari, melakukan sesi ganda tiga kali seminggu - saat studi kejuruannya memungkinkan. Para ahli mengatakan dia selangkah lagi untuk memasuki kompetisi lari lintas negara elit Spanyol. Tujuannya tahun ini adalah setidaknya membuat tim Spanyol menjadi juara lintas negara dunia.

Namun menurut pelatihnya, tekanan menimpanya. "Dia tidak tahu bagaimana mengatasi tekanan, itulah yang membedakan juara. Jika dia melakukannya, dia akan berada di kejuaraan Eropa baru-baru ini," kata Fiz.

"Dalam perlombaan lintas negara Burlada hampir tidak ada yang dipertaruhkan [...] selain dapat mengatakan bahwa Anda telah mengalahkan peraih medali Olimpiade," kata Fernández Anaya.

"Tetapi bahkan jika mereka mengatakan kepada saya bahwa menang akan memberi saya tempat di tim Spanyol untuk kejuaraan Eropa, saya juga tidak akan melakukannya. Tentu saja akan menjadi hal lain jika ada medali dunia atau Eropa di kemudian, saya pikir, ya, saya akan memanfaatkannya untuk menang ... Tetapi saya juga berpikir bahwa saya telah mendapatkan lebih banyak nama setelah melakukan apa yang saya lakukan daripada jika saya menang. Dan itu sangat penting, karena hari ini, dengan cara segala sesuatunya berada di semua lingkaran, dalam sepak bola, dalam masyarakat, dalam politik, di mana segala sesuatunya terlihat berjalan lancar, sikap jujur ​​akan diterima dengan baik. "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar