Viewtrader - Grow your social channel

Sabtu, 26 Januari 2013

Peluang Bisnis Dari Kain Spunbond

Kain Spunbond Motif
       Global warming tak selalu membawa berita buruk bagi sebagian orang, ada sebagian orang yang bisa memanfaatkan momen global warming ini untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu contohnya adalah mereka mendapat keuntungan dari bisnis tas. Jika dulu tas untuk belanja, seminar, tempat suvenir hanya berbahan dari plastik dan kertas, namun seiring dengan gencarnya kampanye ramah lingkungan untuk mengurangi global warming membuat banyak pengusaha beralih ke bahan spunbond atau biasa disebut bahan pur kertas.



       Gerakan ramah lingkungan ternyata menguntungkan. Lihat saja permintaan tas spunbond. Tas ini bisa digunakan berkali-kali sehingga tidak langsung menjadi limbah. Lebih menyenangkan lagi, permintaan tas yang tinggi tentu membuka peluang bagi usaha kerajinan tas. Lebih menarik lagi, tas ini juga disukai di mancanegara. Seiring dengan berkembangnya ide tentang kelestarian lingkungan, membuat tas atau kantong yang terbuat dari bahan spunbond mulai ikut ngetren. Produsen tas atau kantong ini pun jelas ikut kecipratan rezeki dari tren itu. Keunggulan tas spunbond ini bisa digunakan berkali-kali sehingga tidak langsung menjadi limbah buangan yang merusak lingkungan. Asal tahu saja, spunbond adalah bahan yang terbuat dari campuran plastik dan katun. Bahan tas atau kantong ini dianggap ramah lingkungan karena mudah hancur.
       Berbeda dengan tas yang terbuat dari plastik yang tak mudah rusak. Tas atau kantong spunbond ini mulai dikenal masyarakat sejak tahun 2009 lalu. Tas bahan spunbond ini bisa digunakan pula sebagai media promosi, terutama oleh perusahaan-perusahaan yang lagi mengkampanyekan kelestarian lingkungan. Bahkan, sekarang ini sudah banyak toko ritel kelas menengah ke atas yang menggunakan tas jenis ini untuk wadah belanjaan pelanggan. Bahan pur kertas adalah jenis bahan sintetis yang tekstur bahannya agak kaku tapi halus, seratnya rapat sehingga kuat untuk dibuat tas, serta ramah lingkungan karena mudah terurai (didaur ulang). Hal ini karena bahan baku utama pur kertas adalah bahan polimer polyesther (PET) atau polypropylene (PP).
Salah satu produk spunbond yaitu amplop angpao motif
Bahan-bahan ini dengan mudah ditemukan di Jakarta atau di kota-kota besar lainnya. Biasanya dibeli di toko bahan dan aksesoris tas. Bahan pur ini lebih kuat dan tidak mudah robek. Sebagai perbandingan, untuk bahan pur ukuran A4 bisa menampung beban hingga 10 kg, sedangkan plastik hanya 6 kg dan bahan kertas hanya 2-3 kg. Jangan kuatir mengenai warna dan motif tas spunbond ini, karena sangat bervariasi baik dari warna maupun motifnya, bisa-bisa anda bingung memilih, karena semuanya bagus-bagus.

Modal untuk membangun bisnis tas ini tidaklah banyak. Hanya dengan Rp. 5 jutaan, anda sudah bisa mempunyai usaha menggiurkan ini. Pertanyaan klasik yang sering terlontar dari pemula yang ingin terjun ke bisnis ini adalah ketidakmampuannya dalam menjahit. Apakah anda juga berfikiran begitu? Baiklah saya akan segera menajawab kegamangan anda tentang jahit-menjahit itu. Kalau anda tidak bisa menjahit, anda bisa menggunakan jasa penjahit untuk melakukannya. Namun apabila usaha anda sudah besar dan berkembang pesat, sebaiknya anda mempunyai tenaga penjahir profesional sendiri.

Keuntungan yang bisa diraup dari bisnis ini mencapai 30%.Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki tas berbahan spunbond ini, membuat potensi pasar terbesar adalah perusahaan-perusahaan besar, kemudian disusul oleh retail, khususnya untuk acara kenduri, nikahan maupun sunatan.

Berikut strategi pemasaran bila anda menyasar kalangan korporasi atau perusahaan :
  1. Tawarkan produk dengan menggunakan katalog yang dilengkapi dengan proposal penawaran. 
  2. Jelaskan secara terperinci mengenai keunggulan produk anda. 
  3. Berikan diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu. 
Selain strategi pemasaran di atas, anda juga harus tahu tips sukses dalam berbisnis tas ini, berikut tips suksesnya :
  1. Sering melakukan pengecekan atau observasi mengenai bahan baku dan motif terbaru yang muncul di pasaran. Tujuannya agar bisa mengeluarkan model yang berbeda dalam rentang waktu 3-6 bulan. 
  2. Selalu mengontrol pekerjaan para karyawan supaya tidak ada kesalahan dan hasil jahitan rapi serta kuat. 
  3. Sering melakukan komunikasi dengan pemesan, sehingga mereka tahu sampai sejauh mana tahap pengerjaannya. 
  4. Selalu menjaga kualitas produk, agar konsumen tidak kecewa dengan produk yang ditawarkan. Segera action mengambil suatu peluang bisnis, karena bisa-bisa orang lain lebih dulu mengambilnya dan anda hanya bisa gigit jari melihat kesuksesan orang Dan bila anda mempunyai tips lain seputar bisnis tas spunbond ini, jangan ragu untuk berbagi di kotak komentar ya Selamat berbisnis !!! Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar